Sejarah Singkat MTs.Darut Taqwa 02


Foto salah satu gedung MTs. Darut Taqwa 02

MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung berdiri pada tahun 1987 yang awalnya merupakan afilial (gabungan) dari MTs. Darut Taqwa Carat-Gempol. Namun, seiring berjalannya waktu, dengan diterbitkannya ijin operasional dari Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Timur pada tahun pelajaran 1989/1990 dengan NSM: 212 35 14 09 031, maka secara resmi MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung terpisah dengan induknya MTs. Darut Taqwa Carat-Gempol, namun dibelakang nama MTs. Darut Taqwa Sengonagung menggunakan identitas 02.

MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung Purwosari berada dalam naungan Yayasan Darut Taqwa Sengonagung yang dibina oleh KH. M. Sholeh Bahruddin yang juga merupakan pengasuh Pondok Pesantren “Ngalah“ Sengonagung Purwosari. Latar belakang pendirian lembaga MTs. Darut Taqwa 02 ini berawal dari bentuk kepedulian dari KH. M. Sholeh Bahruddin terhadap pendidikan anak-anak di sekitar Pondok Pesantren Ngalah dan menyediakan bagi santri Pondok Pesantren Ngalah yang ingin sekolah formal biar tidak sekolah di luar lingkungan Pesantren.

Seiring berjalannya waktu dan dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, MTs. Darut Taqwa 02 semakin berkembang. Terbukti dari segi kuantitatif dan kualitatif mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, sejak tahun pelajaran 1999/2000 MTs. Darut Taqwa 02 Sengonagung memperoleh status “DISAMAKAN“ berdasarkan SK Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Timur nomor: Wm.06.03/PP.03.2/115/SKP/1999 pada tanggal 14 Januari 1999.

Pada saat diterbitkannya aturan baru tentang sistem akreditasi yang dilakukan oleh DAM atau BAS, maka pada tahun pelajaran 2005/2006 hasil akreditasi memperoleh satus Terakreditasi “A” (Unggul) berdasarkan SK Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Timur Nomor: A/Kw.13.4/MTs/223/2005.

Upaya peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Darut Taqwa 02 Sengonagung Purwosari terus dilaksanakan dengan berbagai pola pengembangan, antara lain upaya kualifikasi dan peningkatan tenaga pengajar, pengembangan sarana dan prasarana, peningkatan profesionalitas guru dalam kegiatan belajar mengajar, peningkatan mutu dan managemen penyelenggaraan pendidikan serta upaya-upaya lainnya sebagai pendukung peningkatan mutu pendidikan. Dalam pada itu juga, untuk meningkatkan pendidikan anak didik pada tahun pelajaran 2007/2008 MTs. Darut Taqwa 02 memunculkan kelas Unggulan.
 
banner